Rabu, 23 Mei 2018 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

13:23 WIB - IWO Inhil Wacanakan Secepat Mungkin Silaturahmi ke Pemkab dan Forkopimda Inhil | 13:23 WIB - Pemkab Kuansing Gelar Safari Ramadhan Perdana, di Pasir Emas Kecamatan Singingi | 13:23 WIB - Awali Minggu Pertama Ramadhan, Tim JB Buka Bersama Petugas Kebersihan | 13:23 WIB - AKBP Kaswandi Irwan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Yang ke-110 | 13:23 WIB - Dapat Bantuan 2 Unit Mini Bus | 13:23 WIB - Terlibat Narkoba , Warga Suriname Dan Wonosobo Dibekuk Satnarkoba Polres Bengkalis
Riau / Dinkes Riau Adakan Workshop Petugas Imunisasi Tingkat Kabupaten dan Puskesmas

Dinkes Riau Adakan Workshop Petugas Imunisasi Tingkat Kabupaten dan Puskesmas

Riau - - Jumat, 18/05/2018 - 14:35:40 WIB
Workshop Petugas Imunisasi dalam rangka kampanye Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten dan Puskesmas yang diadakan  di Hotel Grand Jatra Pekanbaru.
TERKAIT:
Pekanbaru (RiauGlobal)
Kegitan imunisasi merupakan salah satu kegiatan prioritas Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia sebagai salah satu bentuk nyata komitmen Pemeritah untuk mencapai target kesehatan baik secara Global maupun Nasional.

Tiga unggulan dari Kemenkes RI tahun 2018 yaitu meningkatkan cakupan dan mutu Imunisasi, Eliminasi TBC dan penangan Stunting.

Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak serta pengendalian Rubella pada tahun 2020. Di Indonesia Rubella merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan upaya pencegahan yang efektif.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaksanakan Workshop Petugas Imunisasi dalam rangka kampanye Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten dan Puskesmas yang diadakan  di Hotel Grand Jatra Pekanbaru,pada Senin Malam (7/5/2018).

Foto Riau Elfisindo.

Dalam laporan ketua panitia yang dibacakan oleh Mayerni, SE, M.Si selaku mewakili Kepala Seksi Survei lain dan Imunisasi Dinkes Provinsi Riau menyebutkan bahwa,'kegiatan Workshop ini dilakukan untuk para Petugas Imunisasi dilapangan,pada saat dilaksanakannya Imunisasi masal Measles Rubella (MR) pada bulan Agustus-September 2018 di seluruh Provinsi Riau,' ungkapnya.

Workshop ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 7 s/d 9 Mei 2018 di Hotel Grand Jatra Pekanbaru.

Dimana peserta dalam Workshop ini diikuti oleh 3 (tiga) Kabupaten dimana diantaranya adalah Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 48 orang peserta, Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 44 orang peserta, Kabupaten RokanHilir sebanyak 46 orang peserta.

Dalam pidato sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau dr. Ruswaldi Munir, SpKO menyebutkan bahwa dari data survei lain selama 5 (lima) tahun terakhir menunjukkan 70% kasus Rubella terjadi pada kelompok usia kecil dari 15 tahun.

Lebih lanjut disebutkannya,dalam Global Vaccine Action Plan (GVAP), Campak dan Rubella ditargetkan untuk dapat dieliminasi di 5 regional WHO padatahun 2020.

Foto Riau Elfisindo.
Beliau juga menyebutkan,Salah satu strategi mencapai dan mempertahankan tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi dengan cara memberikan dua dosis vaksin yang mengandung campak dan rubella melalui imunisasi rutin dan tambahan dengancakupan yang tinggi (>95%) dan merata.

Foto Riau Elfisindo.
Diakhir acara dr. RuswaldiMunir, SpKO mengatakan bahwa berdasarkan data surveilans dan cakupan imunisasi, maka imunisasi campak rutin saja belum cukup untuk mencapai target eliminasi campak. Sedangkan untuk akselerasi pengendalian rubella/CRS maka perlu dilakukan kampanye imunisasi tambahan sebelum introduksi vaksin MR kedalam imunisasi rutin.

'Dengan pemberian imunisasi campak dan rubella dapat melindungi anak dari kecacatan dan kematian akibat Pneumonia, Diare, Kerusakan Otak, Kebutaan dan Penyakit Jantung Bawaan,' ungkapnya.

Untuk itu diperlukan kampanye pemberian imunisasi MR pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun. Pemberian imunisasi MR pada usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun dengan cakupan tinggi (minimal 95%) danmerata diharapkan akan membentuk imunitas kelompok(herd immunity), sehingga dapat mengurangi transmisi virus keusia yanglebih dewasa dan melindungi kelompok tersebut ketika memasuki usia reproduksi.(rls)


Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(71) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved