Kamis, 25 April 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

18:55 WIB - Ahli Perminyakan dan Geologi Chevron Berbagi Ilmu di UIR | 18:55 WIB - Ribuan Karyawan APR Diduga Masuk Secara Ilegal dan Gajinya Dibawah UMK | 18:55 WIB - prof Said Agil isi Ceramah Isra Mi'raj Di lslamic Center Kampar | 18:55 WIB - Peringatin Hari Kartini Tahun 2019 Dikabupaten Kampar Muslimawati Catur Jadikan Semangat Juang | 18:55 WIB - Tahun ini JCH Riau Di berangkatkan Melalui Embarkasi Haji Antara Riau. | 18:55 WIB - Serma Junaidi Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air kepada Generasi Penerus di Wilayah Binaannya
Bengkalis / Woow...Lebih Dari 130 Ribu Anak Di Kabupaten Bengkalis Belum Punya Akte Kelahiran

Woow...Lebih Dari 130 Ribu Anak Di Kabupaten Bengkalis Belum Punya Akte Kelahiran

Bengkalis - - Senin, 25/03/2019 - 21:29:29 WIB
Riauglobal.com

BENGKALIS - Saat ini jumlah generasi penerus di Kabupaten Bengkalis yang berusia 0-18 tahun tercatat sebanyak 246.451 populasi pendududuk, dari jumlah tersebut hanya 110.216 yang sudah memiliki akte kelahiran, artinya masih ada 136.235 yang belum memiliki surat kelahiran tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rinaldi melalui Kepala Bidang (Kabid) Data Evaluasi dan Penyuluhan, Nuraini, Senin 25 Maret 2019.

Menurut Nuraini banyaknya anak yang belum memiliki Akte kelahiran dikarenakan dari para orang tua seperti tidak peduli dan menganggap bahwa akte kelahiran itu tidak terlalu penting.

"Sayangnya, mindset masyarakat khususnya dipedesaan masih beranggapan bahwa surat akta kelahiran ini tidak perlu, makanya mereka enggan mengurus. Berbeda dengan pengurusan dokumen kartu tanda penduduk atau KTP, " terang Nur'aini.

"Dokumen kependudukan berupa akta kelahiran, sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, wajib dimiliki setiap warga Negara Indonesia," ungkap Nuraini lagi

Ditambahkan Nur'ani. Pihaknya terus mengoptimalkan kerja sama dengan berbagai intansi, meliputi Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik), guna bersama-sama melakukan pendataan dan pemerataan dalam kepemilikan akta kelahiran ini.

"Saya optimis, dengan upaya kerjasama serta proaktif masyarakat untuk pemerataan administrasi kependudukan ini cepat terealisasi," harap Nur'aini.

Terakhir Kabid Data Evaluasi dan Penyuluhan juga sangat membutuhkan kerjasama baik dari seluruh elemen masyarakat, agar bisa pro aktif melapor jika belum memiliki akta kelahiran. (il)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(291) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved