Minggu, 26 Mei 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

15:40 WIB - | 15:40 WIB - GRANAT Bilahilir Apresiasi Safari Terakhir Pemkab Labuhanbatu | 15:40 WIB - Ternyata " Bangunan Asrama Yatim Putra Di UPZ Balai Raja Tahun 2017 Masih Sisakan Cerita | 15:40 WIB - Di Bulan Suci Ramadhan, TNI Goro Bersama Warga Tingkatkan Kebersihan Lingkungan Desa Alahair | 15:40 WIB - Kades Senderak Bagi Paket Sembako dan Santuni Anak Yatim | 15:40 WIB - Pencegahan Dini Kebakaran, Serda Purnomo Berpatroli dan Sosialisasi Karlahut
Ekonomi / Plt Bupati: Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Memperkuat Kapasitasnya

Plt Bupati: Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Memperkuat Kapasitasnya

Ekonomi - - Senin, 06/05/2019 - 14:30:04 WIB
Labuhanbatu

Selain itu, masyarakat dan aparatur pemerintah desa harus ditingkatkan pengetahuannya baik intelektual, emosional serta mampu berpikir secara rasional dan tetap optimis bahwa, “Hari esok jauh lebih baik dari pada hari ini.”

Demikian disebutkan Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zaid Harahap, S.Sos, Senin (6/5/2019) pagi pada Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu yang dilaksanakan di Lapangan Diklat BKPP yang dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Ir. Esti Pancaningdiyah, M.Si, Kadis Perhubungan Tuahta R Saragih, AP, M.Si, Kepala Balitbang Hobol Z Rangkuti, S.Sos, MM dan H. Kamal Ilham, SKM serta sejumlah pejabat eselon III.

Salah satu fenomena yang muncul dimasyarakat adalah, negara kita dihadapkan pada persoalan “Kemiskinan”. Untuk menanggulanginya, Pemerintah telah menggunakan pendekatan multi disiplin dengan memadukan berbagai aspek, antara lain melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Zaid Harahap mengatakan, sejak tahu 2007, pemerintah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd), program ini diluncurkan bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, melalui upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di pedesaan dengan melakukan kegiatan pembangunan insfrastruktur di pedesaan dan pemberian modal usaha simpan pinjam kepada kelompok perempuan.

Sampai saat ini ada 128 kelompok simpan pinjam kelompok perempuan yang memanfaatkan dana dimaksud dan lebih kurang Rp. 4 Milyar dana sedang bergulir di kelompok masyarakat.

Pada tahun 2015 sampai saat ini, pemerintah telah meluncurkan program dana desa, dimana melalui program ini, pemerintah meluncurkan dana yang cukup besar kepada pemerintah desa, dan pemerintah desa bersama-sama dengan masyarakat, merencanakan, melaksanakan dan mengawasi penggunaan dana desa tersebut.

Oleh sebab itu, dituntut tersedianya sumber daya aparatur pemerintah desa yang handal, mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan pembangunan serta mampu mengelola keuangan desa dengan baik, kata Zaid Harahap.

Dalam Pidato tertulis itu, Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan kepada saudara-saudara yang melaksanakannya, dengan harapan ibadah puasa yang kita laksanakan, tidak menurunkan semangat kita dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Selanjutnya, bagi saudara-saudara yang tidak berpuasa, saya himbau untuk saling menghormati dan menghargai terhadap ummat yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan.
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(233) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved