Minggu, 26 Mei 2019 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

15:40 WIB - | 15:40 WIB - GRANAT Bilahilir Apresiasi Safari Terakhir Pemkab Labuhanbatu | 15:40 WIB - Ternyata " Bangunan Asrama Yatim Putra Di UPZ Balai Raja Tahun 2017 Masih Sisakan Cerita | 15:40 WIB - Di Bulan Suci Ramadhan, TNI Goro Bersama Warga Tingkatkan Kebersihan Lingkungan Desa Alahair | 15:40 WIB - Kades Senderak Bagi Paket Sembako dan Santuni Anak Yatim | 15:40 WIB - Pencegahan Dini Kebakaran, Serda Purnomo Berpatroli dan Sosialisasi Karlahut
Nasional / Safari Ramadhan Sebagai wadah Silaturahmi

Safari Ramadhan Sebagai wadah Silaturahmi
Safari Ramadhan Sebagai wadah Silaturahmi

Nasional - - Jumat, 10/05/2019 - 09:13:14 WIB

Penulis: wahyu
Riauglobal.com
Pada saat bulan Ramadhan tiba hampir keseluruhan umat muslim menjadikan bulan tersebut jembatan atau jalan amal untuk lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, Selain itu ada juga dimanfaatkan sebagai pendekatan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat atau kedekatan antara masyarakat dengan masyarakat. Yang mana dalam bulan Ramadhan banyak kegiatan yang bersifat kolektif, misalnya kegiatan berbukabersama atau shalat tarawih, hingga safari ramadhan sehingga dapat mempermudah berkomunikasi secara lebih massif, efektif dan efisien.


Sekarang ini yang lebih dominan di lakukan pemerintah tanpa terkecuali Pemerintahan kabupaten labuhanbatu ialah Safari, Di kutip dari beberapa sumber, Kata Safari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan dan wisata. Dari pemaknaan tersebut, maka safari yang harus dilakukan adalah menjangkau tempat-tempat yang terjauh sekalipun, dan tempat-tempat yang terdapat dipedalaman. Dalam kegiatan safari tersebut mempelajari dan memecahkan persoalan-persoalan yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat.

Dibulan puasa Safari ramadhan adalah sebagai ajang silaturrahim antara sesama muslim dibulan ramadhan. Dimana Tradisi
silaturrahim ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW. "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim" (HR. Bukhari).


Sedangkan menurut Pelaksana Tugas Bupati labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT. saat mengawali Safari Ramadhan Pemkab Labuhanbatu yang berlokasi di Masjid Agung Rantau Prapat di ramadhan ketiga tahun 2019. Beliau mengungkapkan,
"Dengan adanya Safari Ramadhan ini secara tidak langsung dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan baik di antara kalangan masyarakat sendiri maupun antara masyarakat dengan pemerintah. Oleh karena itu Dengan safari Ramadhan maka seseorang akan mengetahui pokok masalah yang dihadapi masyarakat yang selama ini belum sepenuhnya terapresiasi secara baik. Aspirasi dan harapan masyarakat bisa menjadi masukan secara langsung bagi pemerintah untuk ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang.

Seiring dengan bulan suci ramadhan adalah merupakan saat yang tepat untuk kita semua dalam melakukan safari ramadhan, yakni perjalanan untuk berdialog, berkomunikasi, dan bersilaturahim dengan masyarakat yang mungkin selama ini belum bisa menyampaikan aspirasi dan harapannya pada pemerintah. Safari Ramadhan adalah merupakan bentuk perjalanan yang dilakukan pada bulan ramadhan tidak hanya bersifat material, namun juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual. Yaitu semakin kita dekat dengan masyarakat sebagai bentuk semakin dekatnya kita kepada Allah SWT. Untuk itu Mari kita jadikan Safari Ramadhan sebagai titik tolak untuk mengenali itu semua sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk menjadi hamba-hamba yang bertakwa.ungkap Andi Suhaimi.


Selain sebagai ajang silaturahmi, Safari ramadhan banyak juga di manfa'atkan sebagai wadah berbagi antar sesama masyarakat ataupun pemerintah dengan masyarakat, dan sudah menjadi rutinitas tahunan yang selalu di lakukan, Seperti halnya yang di lakukan Pemkab Labuhanbatu.Pada Ramadhan Tahun ini telah merencanakan untuk berbagi dengan Puluhan Masjid yang ada di labuhanbatu dengan memberikan bantuan
berupa : uang tunai Rp.8 juta, 1 Unit Jam Digital, 1 Set Dispenser+Galon, Buku Al-Quran Mas Super 4 Buah, Buku Al-Quran dan Tafsir An-Nur 1 Buah, Buku Pintar Ibadah 1 Buah, Buku Pintar Majmu Sarif 1 Buah, Buku Khutbah Jum'at 10 Buah, Buku Sura Yasin 30 Buah dan 1 Set Alat Penghisap Debu (Vacuum Cleaner) dari PT.Bank Sumut Cabang Rantauprapat.


Selain itu, Dibawah pimpinan Andi Suhaimi, Pemkab labuhanbatu juga memberikan santunan kepada 180 Orang Anak Yatim Piatu sebesar Rp.300 Ribu/orang yang berasal dari Bansos APBD Kabupaten Labuhanbatu, sebagai bentuk kewajiban untuk mengasuh anak yatim piatu sebagaimana yang diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Sabda Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wa sallam dalam Kitab Suci Al-Qur'an serta bentuk tanggungjawab pemerintah dalam memelihara anak yatim/piatu dan fakir miskin.
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

(141) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2018 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved