Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti
 
Gubri Bersama Wabup Tinjau Proyek Jalan Kampung Balak di Desa Tj. Pranap Tebing Tinggi Barat

Dibaca sebanyak 312 kali
Meranti | | Senin, 24/08/2020 | 05:40:09 WIB
 
Seperti telah diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau telah mengupayakan pembangunan jalan menuju Mengkikip dari Selatpanjang-Alai-Kampung Balak sepanjang 26 KM. Namun mengalami kendala pada pembangunan jalan yang berada di Kampung Balak sepanjang 6 KM dimana akibat kondisi alam tak memungkinkan untuk dilanjutkan jadi solusinya akan dilakukan perubahan trase jalan yang saat ini sedang diupayakan. Bahkan dari evaluasi yang dilakukan oleh dinas terkait perubahan trase ini akan lebih efisien sepanjang 16 KM dari rute semua atau jarak dari Alai ke menuju Mengkikip hanya sekitar 9.8 KM saja.

Nantinya jika jalan ini terbangun akan membuat terbukanya Isolasi daerah artinya masyarakat Meranti sudah dapat menuju daratan Pulau Sumatera setiap saat tanpa bergantung lagi dengan angkutan umum seperti yang selama ini terjadi.

Masyarakat yang berada di Pulau Tebing Tinggi dapat menyeberang ke daratan Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Kampung Balak menuju Pelabuhan Penyengat, Desa Tj. Pal, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak menuju daerah lainnya.

Dari pantauan media, Kedatangan Gubernur Riau bersama Wakil Bupati dan rombongan di Desa Tj. Pranap disambut antusias oleh masyarakat dan Kepala Desa Tj. Pranap Aswandi karena memang sudah sangat dinanti-nantikan warga setempat, warga berharap kedatangan Gubernur dapat menggesa berbagai pembangunan di Desa Mengkikip salah satunya jalan Kampung Balak. 

"Kedatangan pak Gubernur memang sudah sangat dinanti-nanti untuk memberikan solusi kepada Meranti khususnya Desa Tj. Pranap untuk membuka Isolasi daerah," ujar Kades Aswandi.

Bahkan untuk menggesa terwujudnya hal ini, diakui Aswandi, masyarakat dengan sukarela mewakafkan sebahagian tanahnya diperuntukkan sebagai badan jalan. Didukung oleh pihak Perusahaan PT. Energi Mega Persana (EMP) Mallaca Strait.

"Semoga dengan terbukanya akses ini akan mempercepat pembangunan di Desa Tj. Pranap," harap Aswandi.

Mendengar harapan masyarakat yang disampaikan oleh Kades Aswandi. Disambut positif oeh Gubernur Syamsuar, dikatakannya pembangunan ruas jalan Kampung Balak tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau. Dan kedatangannya kali ini adalah untuk melihat Trase baru yang akan dibangun oleh Dinas PU Provinsi.

"Karena kita menilai perubahan Trase ini lebih efisien dan kita juga berharap dukungan dari PT. EMP untuk membuka jalan yang menghubungkan Pulau Tebing Tinggi dengan Pulau Sumatera ini," ucap Gubernur Syamsuar.

Dukungan dari pihak PT. EMP bukannya tidak beralasan disamping dapat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat sekaligus dapat mempermudah mobilitas perusahaan karena memang jalur yang dilalui searah.

"Ini juga akan dapat membantu mobilitas perusahaan khususnya menuju sumur-sumur baru, dan kita juga berharap dengan adanya jalan ini akan memacu pertumbuhan ekonomi di Meranti khususnya di Desa Tj. Prabap.

"Jika jalan selesai dan masyarakat dapat menyeberang maka akan dibutuhkan area parkir yang luas, selain itu tempat makan minum yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan," jelas Syamsuar.

Dihadapan masyarakat Tj. Pranap Gubernur Syamsuar kedepan berjanji akan memprioritaskan pembangunan diwilayah Pesisir. Mantan Plt Bupati Meranti pertama ini mengaku sangat memahami kondisi masyarakat yang sempat dipimpinnya itu.

"Kedepan kita akan memprioritaskan pembangunan diwilayah Pesisir Riau," ucap Syamsuar.

Selain memaparkan soal pembangunan jalan Kampung Balak, Gubernur Riau juga bercerita tentang berbagai program yang akan dilakukan dalam memacu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Meranti. Dikatakan Gubernur lahan Gambut yang luas di Meranti bukan saja dapat dimanfaatkan untuk tanaman Sagu dan Kelapa tapi juga dapat dimanfaatkan untuk tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

Diantaranya adalah Nanas, Kencur dan sayur-mayur lainnya yang sangat diminati oleh negara tetangga Malaysia. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Tj. Kuras Kab. Siak dengan berkebun Nenas seluas 900 Ha.

"Di Desa Tj. Kuras berapapun hasil panen Nenas habis terjual dibawa ke Jawa dan daerah lainnya," aku Gubernur.

Begitu juga didaerah Indra Giri Hilir dengan menanam Kencur dan berbagai sayur-mayur untuk diekspor ke Malaysia. Dengan memanfaatkan area Gambut menjadi kawasan perkebunan potensial disamping dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat juga mampu mengantisipasi lahan Gambut dari kebakaran hutan dan lahan.

"Masyarakat akan selalu menjaga lahannya tetap berair yang secara tidak langsung akan membuat ekosistem Gambut tetap lestari dan terbebas dari Karlahut " ucap Syamsuar. 

Menurut Gubernur kenapa Meranti tidak mengambil kesempatan itu padahal lahan Gambut yang dimiliki oleh Meranti sangat potensial. Masalah yang terjadi saat ini adalah masyarakat Meranti harus bisa merubah pola fikir dari yang biasa menjadi luar biasa.

"Kita harus mampu merubah sikap dari biasa menjadi luar biasa, kita tahu Meranti sangat dekat dengan Malaysia kenapa tidak dapat memanfaatkan potensi ekspor ini. Selain memiliki potensi ekonomi tinggi, potensi perkebunan ini juga dapat menjaga lahan Gambut Meranti dari Karlahut," jelas Gubri.

Apa yang dipaparkan Gubernur Syamsuar ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang selanjutnya menantikan gebrakan dari Pemerintah Provinsi Riau berkolaborasi dengan Pemkab. Meranti untuk mewujudkannya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Provinsu Riau juga melakukan Pencanangan Gerakan Masker Masif yang dimotori oleh Ketua PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar.

Dengan Pencanangan Gerakan Masif Masker yang merupakan instruksi Pemerintah Provinsi kepada daerah ini, Gubernur Syamsuar berharap Provinsi Riau khususnya Kepulauan Meranti bebas dari penyebaran Virus Covid-19. 

"Masker dapat menyelamatkan diri dan orang lain dari terjangkit Covid-19. Apalagi saat ini banyak orang yang OTG Covid-19. Dengan menggunakan masker kita telah membentengi diri dan orang lain dari Covid-19 dan jangan lupa diikuti cuci tangan dan jaga jarak," pungkas Gubernur mengakhiri. (brm)
Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)

 


Senin, 24/08/2020 - 20:35:04 WIB
Gubri Silaturrahmi Bersama Pemda dan Masyarakat Meranti, Harapkan Sinergitas Terus Terjalin

Senin, 24/08/2020 - 05:40:09 WIB
Gubri Bersama Wabup Tinjau Proyek Jalan Kampung Balak di Desa Tj. Pranap Tebing Tinggi Barat

Minggu, 09/08/2020 - 07:16:25 WIB
Kepala BPN dan Sekdakab. Meranti Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat Program PTSL Tahun 2020

Selasa, 04/08/2020 - 22:20:57 WIB
Kembangkan Potensi Kopi Liberika Meranti, Bupati Bangun Centra Industri Kopi di Rangsang Pesisir

Rabu, 29/07/2020 - 21:30:33 WIB
Pemkab. Meranti Perbolehkan Warga Gelar Sholat Idul Adha 1441 H, Tapi Bersyarat..!!

Rabu, 29/07/2020 - 00:57:27 WIB
Wabup Pimpin Rakor Review Monitoring Pelaksanaan Antisipasi Stunting di Kepulauan Meranti.

Kamis, 02/07/2020 - 03:42:15 WIB
Kabar Gembira...Kini Warga Meranti Dapat Manfaatkan RTK di Selatpanjang, Pekanbaru dan Bengkalis

Kamis, 02/07/2020 - 03:33:54 WIB
Ini Masukan Bupati Irwan Kepada KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada Serentak 2020

Rabu, 13/05/2020 - 23:21:24 WIB
Wabup Kunjungi Rumah Tertimpa Pohon dan Pantau Penyaluran Bansos Covid-19 di Kec. Rangsang Barat

Senin, 06/04/2020 - 10:23:00 WIB
Bupati Meranti H Irwan : Sibuk Berkoar,Peran Untuk Meranti Nihil

Senin, 30/03/2020 - 19:11:21 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Wabup Said Hasyim Gelar Teleconfrence Bersama Gubri

Senin, 30/03/2020 - 12:04:28 WIB
Patroli Himbauan Covid 19, Babinsa Bersama Tim Bubarkan Warga Yang Berkumpul

Kamis, 19/03/2020 - 23:22:30 WIB
Wabup Said Hasyim Rencanakan Hotel Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Kamis, 19/03/2020 - 01:19:02 WIB
Bupati bersama Wabup Tinjau Rumah Warga Sasaran Bantuan Rumah Layak Huni di Desa Banglas

Kamis, 19/03/2020 - 00:55:10 WIB
Antisipasi Virus Corona, Bupati Intruksikan Camat dan Kades, Sosialisasi Covid-19 Kewarga

 
HOME | UTAMA


Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti © 2014