Rabu, 25 November 2020 ikuti edisi cetak SKU Riau Global versi EPAPER ONLINE

07:19 WIB - Dandim 0303/Bengkalis Intruksi Keras Jajarannya Jaga Netralitas Dalam Pilkada | 07:19 WIB - Pohon kebutuhan penting bagi manusia | 07:19 WIB - Kadiskominfo Labuhanbatu Menerima Kunjungan Kadiskominfo Indragiri Hulu | 07:19 WIB - Drs.Fitryus: " Anak Titipan Tuhan Yang Wajib Dijaga" | 07:19 WIB - Terap Protkes Ke Warga Bantan, Koramil 01/Bengkalis Datangi Titik Keramaian | 07:19 WIB - Soal PKS SIPP Rangau,Ketua BPD Desa Buluh Manis Minta Perusahaan Peduli Lingkungan
Politik / Teteskan Air Mata,Kasmarni Sampaikan Isi Hati Saat Kampanye Dihadapan Tokoh Melayu Duri

Teteskan Air Mata,Kasmarni Sampaikan Isi Hati Saat Kampanye Dihadapan Tokoh Melayu Duri

Politik - - Senin, 26/10/2020 - 16:36:51 WIB
DURI(Riau Global.com)-Calon Bupati Bengkalis nomor urut 3 Kasmarni S.Sos MMP diacara kampanye dialogis Dijalan Kutilang Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau dihadapan para tokoh Melayu Duri menyampaikan isi hati hingga meneteskan air mata bahwa perjuangan maju sebagai calon bupati Bengkalis salah satunya demi memikirkan Marwah Melayu yang maju mengangkat Marwah negeri,Senin(26/10/2020).

Dalam Penyampaian dengan logat berbicara ala Melayu Kasmarni bercerita bahwa awal pencalonannya untuk maju karena permintaan tetua suku yang datang kepadanya dengan tujuan demi mengangkat marwah melayu di negeri ini.

"Uwak (tetua suku red) datang ke aku. Dia cakap, jangan sampai oghang memandang ondah awak. Itu yang diposankan. Sebetulnyo aku tak sanggup, cuman aku mengingat kalau tak awak siapo tidak lagi. Itulah yang dipesankan samo aku,"ujar Kasmarni terbata-bata.

Disampaikan Kasmarni, banyak dukungan yang sudah didapatnya, tapi dukungan dari Puak Melayu akan menjadi dorongan besar baginya melangkah maju.

"Oghang lain pun mau mendukung awak. Mudah-mudahan dengan kekompakan kito bisa samo-samo,bak kato awak tak kan hilang melayu dibumi ni, iko lah yg aku pertahankan, walaupun berat perjuangan tapi aku ikhlas.Mudah mudahan dengan dorongan tokoh masyarakat yang ado," ungkapnya.

Masih Kata Kasmarni"Aku tak nak mencai kayo doh, InsyaAllah duit aku ado, kalau untuk hidup itu ini cukup,. Tapi aku memikirkan marwah yg kito cakapkan, "jangan sampai miko macam aku" itu yg beliau cakapkan. Jadi aku kinin berusaha, berusaha dengan sekuat tenaga, dan berdoa. Aku ikhlas, apopun keputusannyo Allah yang menentukan. Kalau takdir, nasib itu tak bisa awak menentukan doh. Yang penting aku bejalan berupaya sekuat tenaga aku, mudah mudahan berkat dorongan dari masyarakat insyaAllah kami melayu ko masih dipimpin samo oghang melayu," tutup Kasmarni dengan dialek melayu yang kental.

Datuk Fachruddin Syarif selaku Ketua Lembaga Adat Mandau (LAM) kawasan Mandau yang berkesempatan hadir dalam kata sambutannya menyampaikan"Menurut hukum adat, hukum keluarga, hukum sesuku, hukum sekaum, hukum sekampung, wajib mendukung Kasmarni. Siapo lagi kalau bukan anak kemanakan kito. Orang lain sajo beramai ramai mendukung, kenapa kita tidak. Mari kita ajak anak kemenakan, cucu cicit, tetangga dan kerabat untuk memilih Kasmarni anak kemenakan kito ni,ujarnya.

Fachruddin juga menyampaikan dihadapan masyarakat melayu yang hadir bahwa historis majunya Kasmarni menjadi calon bupati,dimana para tetua suku mereka datang meminta kesediaan Kasmarni untuk maju mengikuti kontes Pilkada Kabupaten Bengkalis ini dengan harapan agar marwah melayu tak hilang di bumi melayu ini.

"Kasmarni merupakan satu-satunya perempuan melayu yang berani tampil menjadi calon bupati. Dia dari puak kita, mari kita dukung dan menangkan anak kemenakan kita ini," ajak Fachruddin yang hadir membawa 8 kepala suku yang tergabung dalam LAM kawasan Mandau.

'"Curahan hati seorang putri mandau yang selama ini ditahan-tahankannya sudah kita dengar,kita akui kita jauh tertinggal dengan suku-suku melayu lain. Jadi ketika dia punya semangat dan tokoh-tokoh tua mendukung, dia menjadi tersentuh. Mudah-mudahan dengan dukungan tokoh, beban berat yang dia tanggung bisa berkurang. Mudah-mudahan apa yang menjadi niat dan hajatannya diijabah Allah. Menjadi pemimpin di tanah melayu ini," ujar Fahruddin lagi.

Sementara itu Darmizal selaku juru kampanye KBS mengaku tak bisa berkata-kata di depan tetua suku Melayu itu. Pihaknya mengaku sangat bersyukur mendapat roh baru dalam perjuangan memenangkan pasangan Kasmarni-Bagus.

"Ini penyambutan luar biasa dari suku Melayu. Kami dari relawan merasa mendapat kekuatan besar dari tokoh melayu ini. Ibarat mesin, ada turbo yang masuk. Tenaganya makin kuat. Mudah-mudahan keinginan Datin kita ini bisa terujud," ujar Darmizal.

Darmizal pun menyampaikan sambil berpetatah petitih yang mengisyaratkan bahwa orang melayu yang lebih tepat memimpin negerinya, sementara yang lain biarlah mengambil peran di sisi lain.

"Ibu Kasmarni yang paling pas memimpin negeri ini. Beliau asli putri melayu yang tahu bagaimana nanti naik ke rumah adat melayu. Kami-kami ini biarlah anggota dewan saja,"ujar mantan anggota DPRD Bengkalis ini.

Hadir dalam kampanye itu Ketua Suku Bathin Betuah Zainal Abidin, Ketua Suku Olak Fachruddin, Ketua Suku Hamba Raja Syahbuddin Atan, Ketua Suku Panda H Midun, Ketua Suku Gunggang Khaidar dan tetua suku lain. Juga hadir tokoh masyarakat Jaafar Arif, Saparian dan lainnya.(rls/iwan)

Punya info menarik atau ingin berbagi berita silahkan
sms ke : 081276737422 atau PIN BBM : 26A4B99F
atau via email : redaksi@riau-global.com
(Lengkapi data diri atau intansi berita warga dan rilis)


Rabu, 10/10/2018 - 14:41:08 WIB
Aneh,Setelah Ditangkap,Pria Ini Pulang Jadi Mayat.
Jumat, 04/01/2019 - 13:53:10 WIB
Susi Susanti Meninggal Dunia Dengan Cara Gantung Diri
Rabu, 18/07/2018 - 23:31:45 WIB
Diduga Terlibat Kasus Narkotika , Empat Warga Duri Dibekuk Tim Opsnal Polsek Pinggir
Jumat, 28/12/2018 - 13:25:51 WIB
E-KTP
Tangisan Pilu Bocah Karena Ibu Di Antri Di Kantor Camat
Senin, 09/09/2019 - 13:55:51 WIB
Karena Hutang tidak kunjung dibayar, Kepala BPKAD Kuansing diposting oleh Akun FB Putri Permatasari
Jumat, 27/12/2019 - 16:18:38 WIB
Dalam Waktu 4 Jam Polres Pelalawan Ringkus Pelaku Penganiayaan Berat
Pak De Meregang Nyawa Ditangan Wanita 18 Tahun
Rabu, 26/06/2019 - 10:59:49 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
Pajak Kendaraan Diturunkan Hingga 50 Persen
Senin, 01/06/2020 - 01:52:22 WIB
Surat Rekom DPP PAN Untuk Nama Salah Satu Calon Di Pilkada Rohul Disinyalir Palsu
Selasa, 28/01/2020 - 13:50:33 WIB
Ditempat Karauke VIP Hangtuah Duri , Dua Pelaku Narkoba Dibekuk Buser Mandau
Minggu, 01/09/2019 - 15:38:55 WIB
Pantun Dan Rasa Haru Hiasi Pisah Sambut Kapolsek Kemuning
Senin, 22/04/2019 - 22:33:27 WIB
Terkait Insiden Jatuhnya PRT dari Lantai 3
Keluarga Korban Minta Pertanggung Jawaban dan Usut Tuntas
Index


Redaksi Riau Global | Pedoman Berita | Pasal Sanggahan | Tentang Kami | Epaper
Copyright 2013-2030 Riau Global : Portal Berita Riau, All Rights Reserved